Legal High

Siapa bilang dorama bertemakan hukum sarat akan cerita yang serius? buktinya Legal High berhasil menyisipkan unsur komedi kedalam ceritanya dengan sangat mumpuni.

Jujur, awalnya gue ngerasa pesimis dengan dorama ini, karena gue kira Legal High merupakan dorama serius dengan cerita percintaan didalamnya. Namun atas rekomendasi dari seorang teman (entah kapan dia ngerekomendasiin, udah lama banget pokoknya :p) akhirnya gue berhasil menamatkan dorama ini dalam satu hari, nonstop marathon 11 episode.

Apa sih yang menarik dari dorama ini sehingga ngebuat gue bisa non-stop menyelesaikannya tanpa delay? Tunggu dulu! Pertama-tama, mari simak rangkuman cerita yang gue buat ini.

Legal High
Mayuzumi & Komikado-sensei

Disini kita akan menjumpai seorang pengacara pemula bernama Mayuzumi Machiko (Aragaki Yui) yang sangat menjunjung tinggi rasa keadilan dan kebenaran, serta senang membela yang lemah dari jeratan hukum. Namun walaupun memiliki semangat yang tinggi dan tujuan yang baik, bukan berarti Mayuzumi seorang pengacara yang brilian, dia adalah pengacara yang canggung dan kaku saat berada di ruang sidang. Suatu hari karena hal yang tak terduga, Mayuzumi memutuskan untuk bekerja dengan Komikado Kensuke (Sakai Masato).

Kebalikan dari Mayuzumi yang naif, Komikado-sensei ini adalah seorang pengacara yang arogan, keras kepala, sarkastik, bicaranya kasar, mata duitan, dan mata keranjang. Tapi kalau sudah berurusan dengan masalah hukum, dia bisa berubah menjadi sosok yang paling brilian. Berbekal gaya bicaranya yang super cepat dan persuasif, serta taktiknya yang jitu (baca:licik), dia berhasil memegang rekor sebagai pengacara tanpa pernah kalah sekalipun. Tanpa ragu, dia berkeyakinan bahwa “Pemenang mendapatkan keadilan”. Jadi tak peduli apakah orang yang dibelanya salah atau benar, dia akan membela orang tersebut asalkan upah kerja yang diterimanya tinggi, dan dia juga menjamin 100% kemenangan ada di tangannya. Jelas sekali bahwa Komikado-sensei bukanlah seseorang yang menjunjung tinggi rasa keadilan.

Komikado-sensei dan Mayuzumi juga ditemani oleh Hattori (Satomi Kotaro), seorang pelayan tua yang serba bisa dan Kaga Ranmaru (Taguchi Junnosuke), seorang calon aktor yang melakukan pekerjaan kotornya Komikado-sensei (memata-matai dan mencari celah pada lawan).

Legal High
Hattori-san yang serba bisa

Dilain pihak, Miki Choichiro (Namase Katsuhisa) yang merupakan bos dari Miki Law Firm, tempat Mayuzumi dulu bekerja, untuk suatu alasan menyimpan rasa dendam yang sangat besar terhadap Komikado-sensei. Padahal dulunya (tepat tiga tahun sebelumnya) Komikado-sensei pernah bekerja di Miki Law Firm dan merupakan kartu as serta orang kesayangannya Miki-sensei. Ketegangan yang terjadi diantara keduanya membuat Komikado-sensei keluar dari Miki Law Firm dan sekarang menjalankan kantor sendiri di rumahnya sebagai solo lawyer practice.

Legal High
Ide, Miki-sensei, Sawachi

Miki-sensei nggak sendirian. Dia ditemani oleh Sawachi Kimie (Koike Eiko), sekretarisnya yang cantik nan seksi, kuat, pintar dan sangat loyal padanya. Serta Ide Takao (Yano Masato), seorang pengacara yang penuh percaya diri dan merasa bisa mengalahkan Komikado-sensei namun selalu saja berakhir sebaliknya.

Disinilah petualangan Komikado-sensei yang eksentrik dimulai!


Pertama gue pengen menegaskan kepada lo untuk tidak mengharapkan adegan romantis ataupun adegan serius di dalam dorama ini. Kedua, jujur gue sangat menikmati dorama ini, Legal High is legal as a comedy. Ceritanya unik, komedinya berbentuk sindiran-sindiran cerdas, karakter-karakter di dalamnya juga khas. Hero yang arogan namun brilian, heroin hopeless tapi penuh semangat, seorang pelayan tua serba bisa yang stay humble, seorang mata-mata dengan hasil kerja yang memuaskan, dan lawan-lawan yang licik.

Daya tarik utama dari dorama ini adalah komedi berbentuk sindiran-sindirannya yang cerdas, penulis benar-benar hebat bisa mempertahankan humor candid dan komedi sindiran tersebut sepanjang episode tanpa membuat penonton muak atau bosan. Nggak heran kalau dorama ini berhasil meraih Best Screenwriter dan Best Director di 73rd Television Drama Academy Awards. Namun walaupun Legal High dijual ke penonton sebagai produk komedi, sisi cerita utamanya, yaitu mengenai hukum, tetap memiliki porsi yang sesuai. Sehingga dorama ini tetaplah seimbang dan cocok ditonton oleh orang-orang yang mengharapkan dorama bertema hukum maupun orang-orang yang hanya mengekspetasi tawa lepas.

Legal High
Lihatlah betapa tengilnya Komikado-sensei

Well, gue nggak terlalu tahu banyak mengenai dunia perhukuman, jadi gue nggak bisa mengupas lebih dalam mengenai hal tersebut. Namun meskipun begitu, gue berani bilang bahwa cerita hukum yang disuguhkan disetiap episode sangatlah variatif. Ada kasus pembunuhan, hak cipta, warisan, perbuatan tak menyenangkan, perceraian, korupsi, dan lain sebagainya, membuat setiap episode nggak monoton dan berharga untuk ditonton. Mungkin ada beberapa bagian yang dilebih-lebihkan, but i’m fine with that, it should have it for this is a drama, right? Atau ada juga beberapa bagian yang nggak logis, but who cares about logic? ini hanyalah tontonan yang bertujuan untuk menghibur, gue nggak berpikir sampai sedalam itu.

Bagaimana dengan penokohan yang ada didalamnya? gue cuma bisa bilang luar biasa. seperti yang ada di ringkasan cerita. Dua karakter utama memiliki keyakinan yang berbeda 180 derajat. Mayuzumi memiliki keyakinan bahwa keadilan harus diberikan kepada yang benar, sedangkan Komikado-sensei? dia percaya bahwa keadilan hanyalah untuk sang pemenang. Didalam cerita, Komikado-sensei tidak hanya merupakan pusat perhatian dan kegembiraan, tapi juga merupakan sumber kebencian dan penghinaan. Adapun Mayuzumi, pengacara muda yang memiliki sifat lurus, jujur, dan hanya ingin membela yang lemah terlihat sangat naif dan akibatnya suka tidak berpikir panjang, namun karakter seperti ini tentu perlu dimasukkan kedalam cerita untuk menekankan sisi kontras dari sifat-sifat Komikado-sensei. Sayang, karakter Mayuzumi ini terlalu lemah sehingga figur ini selalu menjadi objek yang selalu di-bully oleh Komikado-sensei. Meski begitu, ada saat-saat dimana Mayuzumi dengan berani men-counter argumen Komikado-sensei (walaupun pada akhirnya tetap di-bully). gue cukup puas dengan itu.

Legal High
Kalo berantem kayak bocah ya

Karakter-karakter pendukung juga disiapkan secara apik sehingga dapat menambah kekonyolan pada cerita. Seperti misalnya Hattori-san yang di setiap episode selalu membuat Mayuzumi kagum akan keahlian-keahlian yang diperolehnya di waktu muda. Tokoh Hattori-san ini sungguh membuat cerita menjadi semakin bewarna. Ada juga Ranmaru-kun yang bisa muncul entah dari mana, untuk memberikan hasil pekerjaan kotornya kepada Komikado-sensei. Lalu juga pihak Miki-sensei yang selalu berhasil ngebuat gue penasaran akan langkah-langkah yang akan diambil oleh mereka. Tapi sayangnya, Miki-sensei yang digambarkan sebagai karakter rival dari Komikado-sensei tidaklah jauh berbeda dari Mayuzumi, dia tidak bisa berbuat apa-apa terhadap Komikado-sensei. Gue ngerasa kasihan dengan karakter Miki-sensei ini, karena di setiap episode selalu saja dikalahkan oleh Komikado-sensei. Hal tersebut membuat karakter Miki-sensei ini seakan-akan sangatlah lemah, penonton pun akan berpikir bahwa Miki-sensei hanyalah seorang pecundang yang picik, padahal kan aslinya Miki-sensei memiliki dendam kesumat terhadap Komikado-sensei.

Legal High
Ini berantem apa pelukan?

Akting dari para cast juga hebat. Sakai Masato sangat berhasil memerankan Komikado Kensuke yang katanya sangat berbeda dari karakter-karakter yang dia perankan sebelumnya (jujur, gue belum pernah menonton doramanya Sakai Makoto). Well, saking hebatnya Sakai Makoto memerankan karakter Komikado Kensuke, gue sampai merasa bahwa mereka adalah orang yang sama. Dia memberikan kontribusi yang besar terhadap tawa yang keluar ketika gue menonton dorama ini. Akting Sakai Makoto sebagai Komikado Kensuke benar-benar melekat dibenak gue. Gue juga menyukai akting Aragaki Yui disini, walaupun udah sering lihat wajahnya di login screen komputer, tapi gue tetap tidak bisa menahan diri untuk mem-pause video ketika wajahnya muncul dilayar, hehehe. Sebagai tambahan, dorama ini juga turut dimeriahkan oleh bintang tamu yang gokil di setiap episodenya.

Legal High

Untunglah dorama ini merupakan dorama komedi, sehingga kejelasan cerita dapat gue kesampingkan. Jadi gue nggak perlu memberikan ulasan yang tidak perlu. Yap, itulah rahasia gue. Ketika akan menonton sesuatu, gue selalu men-set mind gue untuk menontonnya sesuai dengan genrenya, sehingga gue bisa menikmatinya secara objektif sepenuhnya. Oke, mengenai pengembangan cerita, dari yang gue amati, dorama ini tidak pernah menawarkan kesimpulan suatu kasus. Jadi jangan heran jika disaat suatu kasus telah selesai dipersidangkan, lo nggak bakal dikasih tau siapa yang salah dan siapa yang benar. Yah, lagipula ceritanya kan bukan cerita detektif-detetifan. Kemudian keunikan lain dari dorama ini adalah kenyataan bahwa “The truth is always a comedy”, inilah hal yang membuat raut wajah yang awalnya serius menjadi raut gembira. Pasalnya, seiring berjalannya dorama, tensi keseriusan cerita semakin besar, dan tidak jarang Komikado-sensei membuat gue terkagum-kagum. Tapi apa yang terjadi di akhir cerita? sangatlah jauh dari unsur keseriusan, yang ada malah sukses mengundang gelak tawa gue. Kan sebelumnya sudah gue tegaskan, jangan mengharapkan adegan serius di dalam dorama ini xD

Banyak pesan yang disiratkan di dalam dorama ini, Komikado-sensei sukses memperlihatkan sisi realistis seorang pengacara. Karena benar sekali, tugas utama dari seorang pengacara adalah membela pihak yang dibelanya, tanpa peduli apakah pihak yang dibelanya salah atau tidak. Pengacara bukanlah hanyalah manusia biasa yang berusaha, lagipula kebenaran bukanlah sesuatu yang bisa ditemukan dengan mudah. Hukum dibuat oleh manusia, sehingga hukum tidaklah sempurna, akibatnya kebenaran pun sulit untuk dicari. Terkadang hal yang kita anggap benar belum tentu sesungguhnya benar. Asik nggak tuh.

Namun bukan berarti pengacara yang menjunjung tinggi rasa keadilan dan kebenaran tidak memiliki tempat didunia ini. Hal tersebut dibuktikan oleh figur Mayuzumi. Walaupun di dalam dorama Legal High dia digambarkan sebagai heroin hopeless dan selalu kalah adu argumen dengan Komikado-sensei.

Legal High
Beginilah kelakuan Komikado-sensei di ruang sidang

Dorama ini sangat gue anjurkan untuk kalian yang menginginkan humor edan namun cerdas. Dorama ini juga sangat bagus untuk ditonton oleh mahasiswa hukum, tapi ingat, jangan jadikan Komikado-sensei sebagai panutan xD.

Overall, gue benar-benar terhibur dengan dorama ini. Ada rasa sedih, lega, kesel dan senang saat menonton episode terakhir, sedih karena dorama gokil ini bakal berakhir, lega karena akhirnya bisa nonton dorama gokil ini and having a good laugh with it, kesel karena endingnya anti-klimaks, dan senang karena dorama ini bakal ada season 2 nya!!!.

Untuk endingnya yang super anti-klimaks, gue kasih dorama ini bintang 9/10.

Legal High Season 2
Poster Legal High Season 2, kali ini gue nggak akan tertipu lagi!

Okay then. I’m coming Legal High Season 2!!